>BlackBerry Tour 9630 Review

>

BlackBerry Tour 9630 merupakan pengganti dari seri BlackBerry 8830 World Edition. Seperti diketahui, versi pendahulunya tersebut sudah dihadirkan oleh Research In Motion sejak April 2007.

Sebagai penerus di jajaran World Edition, smartphone ini merupakan produk Research In Motion kedua yang mendukung CDMA dan GSM sekaligus (dual standby). Sebelum ini, RIM sendiri sudah pernah menghadirkan BlackBerry khusus CDMA dalam wujud BlackBerry 8703e, yang beredar September 2006.

Yang menarik, pada kedua modus jaringan yang didukung, RIM membenamkan dukungan konektivitas data kecepatan tinggi. Untuk GSM, smartphone ini mendukung HSDPA 7,2Mbit/s, sedangkan pada jaringan CDMA, EVDO-Rev A mampu menyajikan data hingga kecepatan 3,1Mbit/s.

Di Indonesia, smartphone yang dihadirkan oleh Smart Telecom sejak Mega Bazaar Computer, 3 Maret 2010 itu menggunakan metode inject untuk jaringan CDMA-nya. Adapun untuk jaringan GSM, pengguna dapat memasukkan kartu SIM dan memilih layanan operator GSM manapun sesuai keinginan.


Fitur
BlackBerry Tour 9630 memiliki layar berukuran diagonal 2,4 inci dan mampu menghadirkan 65.536 warna pada resolusi 480×360 piksel. Antarmuka pada smartphone ini jelas dan mudah digunakan. Pengguna juga bisa mengubah susunan icon dan mengelompokkannya ke dalam folder-folder. Dan seperti biasa, tampilan gambar dan theme dapat dimodifikasi sesuai keinginan.

Untuk email, BlackBerry Tour dapat melakukan sinkronisasi dengan BlackBerry Enterprise server dan mendukung Microsoft Exchange, IBM Lotus Domino, ataupun Novell GroupWise untuk menghantarkan email perusahaan ke handset.

Dengan BlackBerry Internet Service, hingga 10 akun email yang mendukung POP3 atau IMAP4 bisa diintegrasikan di sini. Bila email mengandung attachment, pada Tour tersedia attachment viewer untuk dokumen Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Corel WordPerfect, PDF, JPG, GIF, dan lain-lain.

Sebagai pelengkap, aplikasi DataViz Documents To Go Standard Edition membuat pengguna handset ini bisa melakukan editing terhadap dokumen Word, Excel, dan PowerPoint. Jika ingin agar dapat membuat dokumen baru, silakan upgrade aplikasi tersebut menjadi Premium Edition.

Bagi yang gemar chatting, selain BlackBerry Messenger, pada handset ini sudah disertakan aplikasi instant messenger untuk Windows Live, Yahoo Messenger, Google Talk, dan AIM. Pengguna tidak perlu repot menginstalasikan secara manual. Demikian pula untuk aplikasi Facebook, MySpace, dan Flickr.

Untuk mendownload berbagai aplikasi, tersedia BlackBerry App World. Berbagai aplikasi yang mungkin dibutuhkan pengguna tersedia di sana. Sayangnya, aplikasi tersebut hanya boleh didownload ke memori utama BlackBerry yang kapasitasnya hanya 256MB. Tidak bisa ke micro SD card yang tersedia hingga kapasitas 8GB.

Desain
Dari sisi desain, BlackBerry Tour 9630 tampak sebagai kombinasi antara Javelin dengan Bold. Dengan 112 x 62 x 14,2 milimeter, ukuran Tour berada di tengah-tengah antara Javelin dengan Bold, meski Tour 0,2 milimeter lebih tebal dibanding Bold 9000. Bobot Tour juga berada di tengah keduanya dengan 130 gram.

Untuk input, Tour menyertakan keyboard Qwerty dengan 35 tombol. Meski lebih ringkas, tombol yang tersedia serupa dengan tombol yang ditemui pada BlackBerry Bold. Backlight berwarna putih membuat huruf dan angka mudah dilihat dalam kondisi gelap.

Juga sama seperti Bold 9000, pada Tour 9630, untuk navigasi, RIM menyediakan sebuah trackball. Sayangnya, saat kami uji coba, trackball ini terkesan ringkih karena langsung terbenam saat disentuh. Ini tentu sangat merugikan karena debu dan kotoran lain dapat dengan sangat mudah masuk ke dalam casing. Meski demikian, trackball itu sendiri cukup responsif saat digunakan.

Multimedia
Sama seperti BlackBerry Onyx 9700, pada BlackBerry Tour 9630 tersedia kamera 3,2 megapiksel. Kamera yang mendukung flash, auto focus, dan image stabilization ini mendukung 2x zoom. Memanfaatkan fitur GPS, foto juga dipasangi geotag. Jika pengguna membutuhkan, merekam video juga dimungkinkan dengan ponsel ini.

Untuk media player, file audio dengan format MP3, WMA, serta AAC+ dapat diputar pada handset ini. Adapun video dengan format DivX, WMV, XviD, dan 3GP bisa diputar.

Menggunakan aplikasi YouTube, pengguna juga bisa menyaksikan tayangan pada situs video terbesar tersebut. Jangan khawatir, konektivitas internet kecepatan tinggi baik HSDPA ataupu EVDO Rev A yang disediakan, membuat kenikmatan menyaksikan video tidak akan terganggu.

Konektivitas
Seperti sudah disebutkan di atas, dari sisi konektivitas data, BlackBerry Tour 9630 seperti tidak ada matinya. EVDO Rev A untuk CDMA dan HSDPA untuk GSM sudah lebih dari cukup untuk menghantarkan data ke handset.

Cukup disayangkan, bila pengguna ada di lokasi hotspot, koneksi ke internet tetap akan menguras pulsa atau memanfaatkan layanan BlackBerry yang sudah dibayarkan. Pasalnya, BlackBerry Tour tidak mendukung Wi-Fi.

Untuk konektivitas multimedia, Bluetooth v2.0 tersedia dan mendukung Bluetooth Stereo Audio via A2DP dan AVCRP. Untuk terhubung ke PC desktop atau notebook, slot Micro USB v2.0 tersedia. Sambungan USB ini selain dapat dimanfaatkan untuk sinkronisasi data, email, dan lain-lain dapat pula digunakan untuk menjadikan BlackBerry Tour 9630 sebagai modem kecepatan tinggi bagi komputer.

Kinerja
Menggunakan BlackBerry Desktop Manager di bagian IP Modem, pengguna tinggal memilih operator yang tersedia di bagian Connection Settings lalu menekan tombol Connect, maka modem dapat digunakan.

Yang menarik, jika Anda berlangganan layanan Smart BlackBerry Hebat, seharga Rp180 ribu per bulan, selain mendapatkan layanan BlackBerry tak terbatas selama satu bulan, Anda juga dapat menikmati layanan unlimited internet berkecepatan hingga 3,1Mbps bebas kuota selama sebulan penuh. Jika tidak ingin membayar sebulan penuh, cukup dengan Rp8.000, Anda bisa menikmati layanan yang sama selama 24 jam non stop.

Saat kami uji coba sebagai modem untuk PC, menggunakan layanan Smart Telecom, kecepatan download hingga di atas 1Mbps dan 400Kbps sempat kami dapatkan di waktu-waktu tertentu di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Saat kami pasangkan kartu 3 dari operator Hutchison CP Telecom, konektivitas data dengan kecepatan tinggi bisa diraih. Sayangnya, di lokasi uji coba yang sama, jaringan operator tersebut hanya mendukung Edge, meski kecepatan browsingnya juga masih cukup lumayan.

Secara keseluruhan, untuk menjelajah internet, baik menggunakan Opera Mini ataupun menyaksikan video YouTube, tidak ada hambatan sama sekali yang kami temukan.

Sampai Agustus mendatang, BlackBerry Tour 9630 dilepas seharga Rp3,46 juta oleh Smart Telecom. Syaratnya, pengguna harus menggunakan layanan BlackBerry Hebat dari Smart (seharga Rp180 ribu per bulan, termasuk unlimited BlackBerry service dan unlimited internet up to 3,1Mbps) selama 90 hari.

Kelebihan:
– Mendukung EVDO Rev A
– Slot Kartu SIM untuk layanan HSDPA operator GSM (unlock)
– Kamera 3,2MP dengan flash, zoom, autofocus dan rekam video

Kekurangan:
– Tidak mendukung Wi-Fi
– Aplikasi hanya dapat disimpan di memori internal
– Trackball terkesan ringkih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s